Blog Baca Quran Menyajikan Al Quran Online, Al Quran Terjemah, Juz Amma, Bacaan Al Quran, Doa - Doa, Sholawat, Dzikir, Ayat Kursi, Asmaul Husna , Bacaan Sholat, Doa Sholat, Surat Yasin,

Bacaan Doa Penenang Hati, Penerang Hati Arab Latin dan Artinya

Bacaan Doa Penenang Hati, Penerang Hati Arab Latin dan Artinya - Hati adalah lentera yang terang bagi pemiliknya .cahayanya mudah redup ketika kita merasakan kegelisahan yang menjelma dan telah merasuki serta mengelabuhi hati kita ,sahabat jangan biarkan cahaya hati semakin meredup berilah hati sarapan yang cukup karena sesungguhnya bukan hanya tubuh yang membutuhkan asupan tapi hati juga butuh akan hal-hal yang membangkitkan kebaikan di dalamnya. caranya hindarkan diri dari hal yang dapat memunculkan penyakit hati seperti iri serta sombong.
Sifat iri bisa kita kalahkan dengan perasaan senang ketika saudara kita yang lain memperoleh Rahmat Allah swt.sombong bisa kita matikan dengan cara mengingat akan kekurangan diri kita serta menjadikan kelebihan sebagai wujud syukur kita terhadap pemberian Allah Swt dengan cara ini hidup kita akan jauh dari namanya

Sepuluh Nasihat Menuju Ketentraman Hati

1.JAGALAH LIDAHMU

"Hati itu adalah tempat rahasia,dan bibir itu kuncinya,sementara lidah adalah anak kuncinya.Oleh karena itu hendaklah setiap orang menjaga anak kunci rahasianya.

2.KEBAIKAN ILMU

"Tidak ada simpanan yg lebih berguna daripada ilmu.
Tidak sesuatu yg lebih beruntung daripada adab.
Tidak ada kawan yg lebih bagus daripada akal.
Dan tidak ada benda ghaib yg lebih dekat daripada maut.

3.BANDINGAN AKAL DAN HARTA

"Akal itu materi yg menasihati,dan harta itu seorang tamu yg akan berangkat.

4.BANDINGAN PERKATAAN

"Perkataan itu seperti obat,jika engkau gunakan sedikit,daripadanya akan memberi faedah,tetapi jika digunakan terlalu banyak akan membahayakan.

5.SIARKAN KEBAIKAN ORANG

"Apabila engkau berbuat kebaikan,sembunyikan.
Dan apabila orang lain berbuat kebaikan kepadamu,hendaklah engkau siarkan.

6.DUNIA

"Dunia itu awalnya payah,akhirnya binasa,halalnya dihisab dan haramnya diazab.

7.BALA TERHEBAT

"Manusia yg mendapat sehebat-hebat bala dan paling banyak kesusahan ialah orang yg mempunyai lidah yg terlepas dari hati,yg tertutup yaitu dia tidak dapat diam dan tidak dapat memperelokan kata-katanya.

8.BERGAULLAH DENGAN BAIK

"Bergaullah sesama manusia dengan satu pergaulan yg jika kamu tiada,mereka akan rindu kepadamu,dan jika kamu meninggal,mereka akan menangisimu.

9.NASIB SI PEMARAH DAN PUTUS ASA

"Tidak akan engkau dapati orang yg pemarah itu senang,tidak yg berakal itu tamak,tidak yg pemurah itu dengki,dan tidak yg berputus asa itu kaya.

10.SABAR

"Kesabaran itu ada dua yaitu,sabar menahan sesuatu yg engkau benci dan sabar melepaskan sesuatu yg engkau suka,dan yg kedua itu lebih berat atas nafsu.

Bagaimana cara mengobati hati yang sakit, yang sedih, yang gelisah?
Berikut kita lihat penjelasan Imam Nawawi dalam At Tibyan fii Adabi Hamalatil Qur’an.

Ibrahim Al Khowash berkata, obat hati itu ada lima:
1- Membaca Al Qur’an dan tadabbur (merenungkannya)
2- Rajin mengosongkan perut (dengan gemar berpuasa)
3- Mendirikan shalat malam (shalat tahajud)
4- Merendahkan diri di hadapan Allah (dengan do’a dan dzikir) di akhir malam (waktu sahur)
5- Bermajelis (bergaul) dengan orang-orang sholeh. (At Tibyan karya Imam Nawawi, hal. 87).

Doa Penenang Hati Arab Latin dan Artinya

Jika hati kita dirundung berbagai masalah dan bermacam-macam pikiran, baik itu masalah pribadi, keluarga, pekerjaan dan apapun penyebabnya, sudah  pastilah suasana hidup juga terasa tidak mengasyikan karena keadaan hati yang tidak mendukungnya. Agar hati menjadi tenang dan hidup tidak galau bacalah doa sesuai yang diajarkan Rasulullah saw.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ عَبْدُكَ، ابْنُ عَبْدِكَ، ابْنُ أَمَتِكَ، نَاصِيَتِيْ بِيَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ، سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِيْ كِتَابِكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِيْ عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيْعَ قَلْبِيْ، وَنُوْرَ صَدْرِيْ، وَجَلاَءَ حُزْنِيْ، وَذَهَابَ هَمِّيْ

Allahumma inni 'abduka, ibnu 'abdika, ibnu umatika nashiyati biyadika, madhin fi hukmuka, 'adlun fi qadla-uka, as-aluka bikulli ismin, huwa laka, sammaitu bihi nafsaka, au anzaltahu fi kitabika, au 'alamtahu ahadan min kholkika, awis ta'tsarta bihi fi 'ilmil ghoibi 'indaka, an taj'alal qur'an robii'a qolbi wa nuura shadri, wa jala-a huzni, dzihaba hammi.

"Ya Allah! Sesungguhnya aku ada-lah hambaMu, anak hambaMu (Adam) dan anak hamba perempuanMu (Hawa). Ubun-ubunku di tanganMu, keputusan-Mu berlaku padaku, qadhaMu kepadaku adalah adil. Aku mohon kepadaMu dengan setiap nama (baik) yang telah Engkau gunakan untuk diriMu, yang Engkau turunkan dalam kitabMu, Engkau ajarkan kepada seseorang dari makhlukMu atau yang Engkau khusus-kan untuk diriMu dalam ilmu ghaib di sisiMu, hendaknya Engkau jadikan Al-Qur’an sebagai penenteram hatiku, cahaya di dadaku, pelenyap duka dan kesedihanku." (HR. Ahmad)

Doa Penerang Hati Arab Latin dan Artinya

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

ALLOHUMMA INNI AS ALUKA NAFSAAN BIKA MUTHMA-INNAH, TU'MINU BILIQOO-IKA WATARDHOO BI QODHOOIKA WATAQNA'U BI'ATHOOIKA
Artinya :
Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu. 

Demikianlah pembahasan mengenai Bacaan Doa Penenang Hati, Penerang Hati Arab Latin dan Artinya  yang dapat admin sampaikan pada kesempatan kali ini. semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk di hafalkan serta di amalkan dan Mudah-mudahan Allah Ta’ala mengabulkan doa-doa kita dan menerima amal ibadah kita.Amin
Facebook Twitter Google+
Back To Top